Langkah Jitu untuk TOEFL Prepation; Tanpa Kursus Bahasa Inggris

Langkah Jitu untuk TOEFL Prepation; Tanpa Kursus Bahasa Inggris
toefl-preparation-kursus-bahasa-inggris-di-jogja
TOEFL PREPARATION

Kenapa TOEFL Preration dibutuhkan? TOEFL atau IELTS merupakan dua hal yang keberadaan sangat dibutuhkan saat ini. Setidaknya, kedua hal tersebut merupakan pembuktian konkrit dari kemampuan kamu dalam menguasai bahasa Inggris. Sebab itu saat ini jangankan untuk bisa masuk S2 baik di dalam maupun di luar negeri, untuk bisa lulus S1 saja kamu diharuskan untuk bisa lulus tes TOEFL.

Seiring dengan semakin meningkatnya dunia pendidikan di Indonesia maka kebutuhan untuk bisa lolos tes TOEFL atau IELTS dengan sendiri menjadi keharusan bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi di Indonesia. Tanpa terkecuali bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa atau mahasiswi Jogja. Terlebih apabila kamu berkeinginan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri, maka kemampuan bahasa Inggris menjadi persyaratan primer yang harus kamu kuasai.

Kemampuan bahasa Inggris kamu, lagi-lagi harus dibuktikan dengan skor TOEFL atau IELTS. Dari sini maka dapat dipahami betapa pentingnya kedua test tersebut bagi kamu yang memiliki cita-cita tinggi di dunia pendidikan.

Mengerti TOEFL

TOEFL dibagi menjadi tiga jenis;  

  1. PBT (Paper-based Test)
  2. CBT (Computer-based Test)
  3. IBT (Internet-based Test).

Untuk bisa kuliah di luar negeri kamu diharuskan untuk bisa menguasai ketiga jenis tes tersebut. Meski demikian pada umumnya khusus untuk tes seleksi tes studi ke luar negeri PBT dan IBT lebih sering digunakan. Untuk kamu yang berniat melanjutkan sekolah ke luar negeri, skor TOEFL maksimal—atau paling tidak mendekati—merupakan harapan.

Dari sini maka melatih kemampuan untuk bisa tes TOEFL merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar. Permasalahannya, tidak sedikit orang yang sudah jago berbahasa Inggris namun seringkali gagal untuk memperoleh skor TOEFL yang ideal. Hal itu dikarenakan pada prinsipnya untuk bisa mendapatkan skor TOEFL yang ideal kamu tidak hanya harus jago berbahasa Inggris, namun kamu juga harus memiliki kesiapan untuk mengikuti tes TOEFL.

Berbeda apabila kamu sudah cukup berpengalaman untuk tes TOEFL maka kamu tidak harus memperbanyak latihan atau melakukan persiapan. Khusus untuk kamu yang masih awam, memperbanyak latihan dan persiapan merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar. Sebab itu banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris yang secara khusus membuat program TOEFL Preparation untuk membantu orang-orang yang mau mengupgrade skor TOEFL mereka.

Kali ini kita akan mengulas berkenaan dengan TOEFL preparation untuk membantu kamu bisa dalam mempersiapkan tes TOEFL tanpa harus repot-repot join kursus bahasa Inggris di Jogja semisal, atau pun di kota-kota lainnya.

TOEFL Preparation.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu bisa kamu lakukan secara otodidak untuk TOEFL preparation. Di mana langkah-langkah ini akan sangat membantu kamu untuk bisa mengupgrade skor TOEFL kamu menjadi lebih ideal sesuai dengan aspektasi kamu.

Beberapa langkah-langkah praktis tersebut yaitu:

Luangkan Minimal 2 Jam Sehari

Meluangkan waktuk minimal 2 jam dalam sehari untuk berlatih kemampuan bahasa Inggris kamu adalah langkah sederhana yang bisa kamu tempuh. Meski kedengaranya cukup sederhana, namun pada kenyataanya hal ini tidak cukup sederhana. Sebab kamu harus bisa menjadi konsisten dan mood kamu.

Jika kamu berhasil melatih konsistensi kamu untuk meluangkan waktu setidaknya 2 jam dalam sehari. Langkah selanjutnya adalah membagi waktu kamu dengan membuat jadwal sendiri yaitu dengan cara membagi waktu selama satu minggu untuk bisa melatih kemampuan listening, reading, dan stucture (grammar). Dalam hal ini kamu bisa membaginya semisal 2 hari untuk listening, 2 hari berikutnya untuk reading, 2 hari berikutnya untuk stucture (grammar). Khusus untuk yang satu hari adalah sebagai waktu kamu melakukan scoring atau evaluasi terkait perkembangan yang bisa kamu capai dalam seminggu.

Mengumpulkan Latihan Soal

Mengupulkan latihan soal adalah langkah penting bagi kamu. Dengan rajin mengumpulkan soal-soal TOEFL kamu bisa lebih leluasa untuk berlatih secara langsung. Apabila dalam langkah ini kamu merasa kesulitan, kamu juga bisa memilih langkah untuk join kursus bahasa Inggris di Jogja semisal. Jika tidak kamu juga bisa browsing di internet, sebab banyak sekali soal-soal TOEFL yang bisa kamu dapatkan di internet sebagai bahan latihan kamu.

Bisa juga kamu mencari buku-buku berkenaan dengan soal-soal latihan TOEFL. Sederhananya, mengumpulkan soal-soal latihan TOEFL adalah suatu keharusan bagi kamu, terkait dengan cara yang mau kamu tempuh sepenuhnya bisa kamu putuskan sendiri sesuai dengan kadar kemampuan yang kamu miliki.

Perbanyak Vocabulary

Jika kamu seringkali diliputi oleh kebingungan untuk harus memulai dari mana dalam upaya TOEFL prepation. Maka kamu bisa memulainya dengan memperbanyak vocab. Hal ini sangat penting karena penguasaan kamu terhadap vocab sangat menentukan dalam tes TOEFL. Jangan pernah berharap untuk bisa memperoleh skor TOEFL yang ideal apabila vocab yang kamu kuasai masih relatif sedikit.

Untuk melatih atau mempekaya penguasaan vocab kamu bisa memulainya dengan berlatih contoh soal-soal Reading TOEFL, atau berlatih menerjemahkan passages. Semua latihan tersebut akan sangat membantu kamu dalam memperkaya penguasaan vocab kamu.

Pelajari Kelas Kata Dasar

Mempelajari kelas kata (part of speech) bahasa Inggris seperti verb, adverb, noun dan lain sebagai akan sangat membantu kamu dalam mengerjakana soal-soal structure ketika sedang mengikuti tes TOEFL. Saat ini untuk bisa berlatih part of speech kamu tidak perlu risau lagi, sebab kamu bisa secara langsung untuk browsing di google untuk mencari materi tentang stucture.

Memperbanyak menonton film dan lagu berbahasa Inggris.

Selanjutnya untuk melatih kemampuan listening kamu langkah yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menciptakan hobi baru yaitu menonton film dan lagu berbahasa Inggris. Hal ini akan sangat membantu kemampuan listening kamu. Sebisa mungkin cobalah untuk mencari film atau lagu yang memiliki subtitle berbahasa Inggris. Tujuanya agar tidak hanya kemampuan listening kamu yang terlatih, namun secara bersamaan reading kamu juga bisa terlatih.

Kamu bisa menyimak conversation dalam film-film berbahasa Inggris. Begitu pun kamu juga bisa melatih kemampuan listenin kamu denan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Konsisten

Lakukan semua langkah-langkah yang dijabarkan di atas secara konsisten. Dengan demikian maka kamu akan bisa memperoleh hasil dan manfaat yang optimal. Tanpa konsistensi semua hal yang kamu lakukan hanya akan berbuah kesia-sian atau tidak akan pernah optimal.

Demikian beberapa langkah-langkah praktis dan kongkrit yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan langkah-langkah taktis dalam TOEFL preparation tanpa harus join kursus bahasa Inggris. Namun apabila kamu merasa kurang yakin dengan konsistensi yang kamu miliki maka ada baiknya bagi kamu untuk memilih join kursus bahasa Inggris dengan langsung memilih program TOEFL preparation. Kendati demikian yang harus menjadi catatan penting bagi kamu, dimana pun  kamu join kursus bahasa Inggris apabila tidak disertai dengan niat dan usaha yang kuat sulit bagi kamu bisa memperoleh usaha yang optimal. Sederhananya, ketekunan dan keseriusan kamu tetap menjadi poin utama untuk bisa upgrade skor TOEFL kamu menjadi lebih ideal. Selamat mencoba semoga artikel sederhana ini bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk upgrade skor  TOEFL kamu.